John Dalton

Biografi John Dalton



John Dalton (September 6, 1766 - 27 Juli 1844) adalah seorang fisikawan dari Inggris, lahir di Eaglesfield, dekat Cockermouth di Cumberland. Ia terkenal dengan teori atom. Dalam buku yang berjudul New System of Chemical Philosophy ia berhasil merumuskan teori atom sekitar tahun 1803. Dalton Menjelaskan bahwa benda terdiri dari atom-atom yang tidak dapat diurai lagi. Setiap unsur terdiri atas atom-atom yang membentuk senyawa. Senyawa  terbentuk jika atom dari berbagai unsur bergabung dalam komposisi yang tetap.  Teori Atom Dalton:
  1. Unsur-unsur terdiri dari partikel-partikel yang luar biasa kecil yang tidak dapat dibagi kembali(disebut atom).Dalam reaksi kimia,mereka tidak dapat diciptakan,dihancurkan atau diubah menjadi jenis unsur yang lain.
  2. Semua atom dalam unsur yang sejenis adalah sama dan oleh karena itu memiliki sifat-sifat yang serupa;seperti massa dan ukuran.
  3. Atom dari unsur-unsur yang berbeda jenis memiliki sifat-sifat yang berbeda pula.
  4. Senyawa dapat dibentuk ketika lebih dari 1 jenis unsur yang digabungkan
  5. Atom-atom dari 2 unsur atau lebih dapat direaksikan dalam perbandingan-perbandingan yang berbeda untuk menghasilkan lebih dari 1 jenis senyawa
Dalam perkembangan ilmiah  teori atom Dalton ditinjau kembali namun ia tetap dianggap sebagai pencetus teori atom modern, kaena teorinya mampu menjelaskan Hukum kekekalan massa Lavoisier dan Hukum perbandingan tetap Proust. Dalton meninggal dunia di Manchester pada tahun 1844 dari kelumpuhan. Dia telah menderita sejak tahun 1837, yang membuatnya lemah baik secara fisik dan mental, meskipun ia tetap mampu membuat percobaan.

0 komentar:

Posting Komentar